Pilih SMK, Veneshela Sukses Kembangkan Bisnis Kecantikan

Ponorogo, Ditjen Diksi - Veneshela Manora atau yang kerap disapa Veneshela merupakan salah satu pengusaha salon kecantikan ternama di Ponorogo, Jawa Timur. Veneshela mengaku, ketertarikan dirinya terhadap kecantikan membuatnya memilih SMKN 2 Ponorogo untuk menuntut ilmu dan mengembangkan kompetensinya.

 

“Sejak kecil aku sudah memikirkan masa depanku ke arah situ (kecantikan) dan alhamdulillah orang tua mendukung. Maka dari itu, setelah lulus sudah terpikirkan pokoknya harus masuk SMK,” tutur Veneshela.

 

Semangat Veneshela mendalami tata rias tak pernah padam. Sewaktu masih duduk di bangku SMK, Veneshela pernah didaulat untuk menjadi perwakilan sekolah mengikuti lomba kompetensi siswa (LKS) tingkat Provinsi Jawa Timur dan meraih juara dua.

 

Asam garam membangun bisnis dari nol ia rasakan dalam membangun salon yang pernah mencapai omzet ratusan juta per bulan ini. Mulai dari dikecewakan oleh orang kepercayaannya hingga rugi secara moril maupun material. 

 

Berbekal ilmu tata kecantikan semasa belajar di SMK, Veneshela tekun dalam menjalani bisnis dan mulai merambah digital marketing untuk menarik konsumen. Alhasil, bisnisnya kini kian berkembang dan mendatangkan konsumen dari berbagai daerah.

 

Veneshela berpesan, untuk mencapai sebuah kesuksesan tentunya perlu proses. Proses tersebut harus dinikmati dan dijalani. Selain itu, passion dan pilihan studi yang menunjang kompetensi juga dapat menjadi kekuatan dalam mengembangkan bisnis sesuai kompetensi.

 

Skill dan hasil yang baik dalam make up membutuhkan proses. Maka dari itu, harus tetap semangat walaupun bekerja di bidang ini berat,” jelas Veneshela. (Diksi/JR/Tan/AP/NA)