Pembukaan Pendaftaran Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 202

Pembukaan Pendaftaran Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 202

Pendaftaran Dibuka, Dirjen Vokasi Ingin Lebih Banyak Lagi Mahasiswa Vokasi Ikut IISMA

 

Jakarta, Ditjen Vokasi - Sebagai salah satu program flagship Medeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024 kembali dibuka. Para mahasiswa yang ingin mengikuti program ini sudah bisa mengajukan pendaftaran hingga 14 Februari mendatang.

 

Tahun 2024 ini, IISMA akan melakukan seleksi calon awardees melalui tiga skema, yaitu skema reguler, afirmasi, dan co-funding. Skema reguler merupakan beasiswa penuh dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

 

Skema afirmasi merupakan beasiswa penuh dari Kemendikbudristek untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024. Skema afirmasi juga diberikan kepada mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah) atau mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi yang dinyatakan lolos seluruh rangkaian tahapan. Dengan demikian melalui skema tersebut, program IISMA semakin membuka kesempatan bagi mahasiswa unggul dari seluruh Indonesia.

 

Untuk skema co-funding, skema ini ditujukan bagi mahasiswa Indonesia yang hendak mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi luar negeri dengan pembiayaan yang berasal dari dua pihak, yaitu dana dari pemerintah dan mahasiswa secara mandiri. Pendaftaran skema ini akan dibuka setelah skema reguler dan afirmasi telah diumumkan.

 

Sementara itu, terkait dengan jumlah kuota yang akan dibuka untuk tahun ini juga mengalami peningkatan 3.000-3.300 peserta, dengan jumlah mitra yang terlibat sebanyak 140-160 an universitas. Kampus-kampus tersebut tersebar di 30 negara. 

 

Terkait dengan pembukaan pendaftaran program IISMA 2024, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, Kiki Yuliati, meminta perguruan tinggi vokasi untuk memberikan peluang bagi sebanyak banyaknya mahasiswa vokasi agar bisa mengikuti program IISMA 2024. 

 

“Saya mengapresiasi kepada perguruan tinggi pelaksana pendidikan vokasi yang turut menyukseskan pelaksanaan program IISMA dengan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa vokasi untuk bergabung mengikuti program,” ujar Dirjen Kiki saat Sosialisasi Program IISMA beberapa waktu lalu.

 

Sebagai informasi, IISMA tahun 2023 telah berhasil menarik lebih dari 10.000 pendaftar yang berasal dari skema reguler dan co-funding. Dengan dibukanya tiga skema pendaftaran di tahun ini diharapkan mampu mendorong peningkatan partisipasi mahasiswa sehingga peserta IISMA lebih terdistribusi secara proporsional.


Informasi lebih lanjut dan pendaftaran IISMA 2024 tersedia di laman iisma.kemdikbud.go.id.