Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Nih, SMK Hebat yang Terpilih Jadi ‘National Showcase’!

18 Juni 2022 14:37:31Kategori : Berita  
Nih, SMK Hebat yang Terpilih Jadi ‘National Showcase’!
Nih, SMK Hebat yang Terpilih Jadi ‘National Showcase’!

Malang, Ditjen Diksi – Usai SMK PGRI 2 Ponorogo beberapa waktu lalu, “Kick Off National Showcase SMK BISA 2022” kembali digelar di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Malang, Jawa Timur (17/6). “National Showcase” merupakan program anyar Astra yang dikembangkan di sekolah yang disesuaikan dengan program studi di sekolah, serta menjadi bagian dari HUT ke-65 Astra tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menjelaskan, Presiden RI Joko Widodo telah memberikan perhatian khusus bagi revitalisasi SMK. “Sekarang bukan hanya SMK, tetapi untuk revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi melalui Perpres Nomor 68 Tahun 2022. Untuk pendidikan di bawah Kemendikbudristek, sedangkan pelatihan di bawah Kemenaker,” jelasnya.

Muhadjir menambahkan, tanpa dukungan industri yang nantinya akan dihadapi oleh siswa/siswi SMK maka akan mengalami hambatan memasuki dunia kerja. Karenanya, “Kami sangat mendukung transfer teknologi industri bagi mitra sekolahnya. Saya mengapresiasi Astra yang berkomitmen terhadap kemajuan human development, tidak hanya dengan SMK, tetapi juga dengan kebencanaan dan bantuan lainnya,” terangnya.

Adapun Direktur SMK, Wardani Sugiyanto, menuturkan, terpilihnya SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen menjadi “National Showcase” menunjukkan sekolah ini merupakan pusat keunggulan. “Kami berharap, sekolah ini bisa mengimbaskan kepada SMK lain bagaimana link and match hingga implementasi Kurikulum Merdeka yang diterapkan di sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra, menyebutkan, SMK merupakan salah satu satuan pendidikan yang lulusannya diperlukan menjadi pimpinan Astra di masa depan. “Dari sekitar 3.220 SMK yang telah dibina Astra di seluruh Indonesia, satu yang paling hebat ada di sini (SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, red),” jelasnya.

Senada dengan Riza, Program Manager CSR Vokasi Astra, Herlambang, menambahkan, pemilihan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen sebagai National Showcase karena performanya yang baik. “Selain hard skill, kami juga mengedepankan pengembangan soft skill dan manajemen sekolah yang dirancang bersama dengan sekolah, sesuai link adan match paket 8+i arahan Kemendikbudristek,” terangnya.

Adapun Kepala SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Maryanto, menyebutkan, sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK), sekolah ini mengedepankan proses pembelajaran yang diselaraskan dengan industri, seperti penyelarasan kurikulum, mengundang guru tamu industri, dan pemagangan sehingga budaya industri dapat hadir di lingkungan sekolah. “Tanggung jawab sekolah keunggulan adalah berapa banyak keterserapan lulusan untuk bekerja, melanjutkan studi, maupun wirausaha,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, turut diberikan juga bantuan skema pemadanan dukungan dari Direktorat SMK kepada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen sebesar Rp1,3 miliar. Selain itu, juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Astra dan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Astra Group juga turut memberikan hibah kepada SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen melalui Astra Honda Motor berupa 1 unit sepeda motor dan United Tractors berupa Komatsu Genset PL 125 D. (Diksi/AP/NA)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.