Logo

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi
(Ditjen Vokasi).

Jl. Jenderal Sudirman Gedung E Lantai III Senayan, Jakarta 10270
vokasi@kemdikbud.go.id

Lihat di Google Maps
Profil Kami
Berita
Gulir Ke Bawah
Cari

Nih, e-Learning untuk Bimbel Karya Mahasiswa Polinema!

21 September 2022 07:21:00Kategori : Berita  
Nih, e-Learning untuk Bimbel Karya Mahasiswa Polinema!
Nih, e-Learning untuk Bimbel Karya Mahasiswa Polinema!

Malang, Ditjen Vokasi - Lima mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) berhasil mengembangkan sistem Learning yang bisa diaplikasikan pada lembaga bimbingan belajar (bimbel). 

 

Kelima mahasiswa tersebut adalah Falya Charismatul Ayza dan Novelya Asis Sholikha dari Prodi D-3 Manajemen Informatika, serta Nur Sukma Pandawa, Ifa Indrian Ningsih, dan Siti Aisyah dari Prodi  D-4 Teknik Informatika. 

 

Di bawah bimbingan dosen Vivi Nur Wijayaningrum, kelima mahasiswa mengembangkan sistem e-Learning yang kini diaplikasikan pada Bimbel Privat Juara. Pengembangan sistem e-Learning juga merupakan bagian dari Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan Iptek (PKM-PI).

 

Falya mengatakan, ide awal dari pengembangan e-Learning berasal dari proses pembelajaran pada bimbel yang dinilai tidak efektif dan efisien. Pasalnya, tentor biasanya mendatangi rumah siswa untuk menjelaskan materi secara langsung. Belum lagi modul yang digunakan juga berupa hard copy. Selain itu, pengelolaan data juga masih menggunakan Microsoft Excel, belum adanya sistem yang terpusat untuk media pembelajaran serta media Whatsapp untuk komunikasi antara tentor dan siswa masih kurang efektif. 

 

"Kendala tersebut yang melatarbelakangi kami membuat sistem e-Learning pada Bimbel Privat Juara untuk mengakomodasi proses pembelajaran secara digital,” kata Falya. 

 

Melalui penerapan e-Learning, proses belajar mengajar menjadi terorganisasi dengan baik serta lebih efektif dan efisiensi. Pasalnya, siswa dan tentor tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak modul dan semua kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dalam satu sistem. 

 

e-Learning juga dapat meningkatkan kualitas layanan pembelajaran dan meningkatkan profit dengan menekan biaya pengeluaran, seperti biaya pencetakan modul,” jelas Falya.

 

Peningkatan layanan melalui sistem e-Learning, juga diharapkan dapat menjadi branding bagi Bimbel Privat Juara sehingga bimbingan belajar ini semakin dikenal oleh masyarakat dan jumlah siswa semakin bertambah.

 

Rencananya, inovasi karya mahasiswa ini akan diikutsertakan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) yang merupakan tahap terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan PKM. 

 

“Di Pimnas mahasiswa dapat mempresentasikan hasil kreasi mereka pada level nasional. Saya juga berharap e-Learning yang dikembangkan ini dapat berkontribusi untuk membantu pihak Bimbel Privat Juara dan siswa dalam melakukan proses pembelajaran,” kata Vivi selaku dosen pembimbing. (Diksi/Nan/AP/NA)

Komentar ( 0 )
Beri Komentar

01.