Kembangkan Vokasi, Polbeng Gandeng SMK di Riau

Pekanbaru, Ditjen Diksi – Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) sepakat menjalin kerja sama dengan seluruh SMK negeri dan swasta yang ada di Riau. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Polbeng Johny Custer dan sejumlah SMK di ruang Aula Dinas Pendidikan Provinsi Riau (8/2).

Johny mengatakan, tujuan dari penandatangan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan sinergitas, kolaborasi, dan partnership antara Polbeng dan SMK dalam bidang pengembangan pendidikan vokasi, pengembangan SDM, dan tri dharma perguruan tinggi.

“Untuk tahap ini Polbeng melaksanakan penandatangan MoU dengan seluruh SMK yang terdapat di Riau. Namun, berhubung karena kondisi covid-19 saat ini dan untuk menjaga pelaksanaan protokol kesehatan, hanya 64 SMK negeri dan swasta yang ada di Riau yang bisa ikut berpartisipasi dalam penandatangan MoU tersebut secara langsung,” ungkap Johny.

Selain itu, Johny juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Dinas Pendidikan Provinsi Riau yang telah memfasilitasi penandatanganan MoU Polbeng dengan beberapa SMK di Riau. Ia pun berharap agar penandatangan MoU ini tidak hanya berakhir pada momen tersebut.

“Diharapkan, kerja sama ini menjadi sebuah simbiosis mutualisme antara kedua belah pihak. Harapannya, Polbeng dapat membantu pengembangan sumber daya manusia guru dan siswa SMK, juga dapat memberi kemudahan bagi siswa SMK yang ingin melanjutkan kuliah di Polbeng,” tutur Johny.

Senada dengan Johny, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinisi Riau Yusri Rosul juga menyampaikan harapannya ke depan agar SMK dan politeknik mampu menciptakan SDM unggul selaras dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja (IDUKA).

Di akhir kegiatan penandatangan MoU tersebut, Direktur dan para kepala sekolah berfoto bersama, kemudian dilanjutkan dengan diskusi oleh Polbeng dan pihak sekolah. (Diksi/Polbeng/AP)