Kabar Gembira, CASN 2021 Buka Formasi untuk Lulusan SMK!

Jakarta, Ditjen Diksi – Dilandasi oleh Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 741 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Tahun 2021, lulusan SMK kini bisa mendaftarkan diri pada seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 di Kementerian tersebut.

Hal tersebut tentunya menjadi angin segar bagi lulusan SMK karena prospek kerja lulusannya semakin meluas, hingga bisa memasuki ranah kementerian dan menjadi ASN. Artinya, kompetensi lulusan SMK tidak diragukan lagi.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto pun sering kali mengingatkan bahwa melalui pendidikan vokasi dan membangun ekosistem pendidikan vokasi, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM yang unggul dan mampu menjadi problem solver bagi permasalahan yang lahir di masyarakat.

“Lulusan SMK ini kita gembleng tidak hanya belajar teori, tapi 60 persen praktik. Kemudian dilanjutkan dengan  melakukan praktik kerja lapangan di industri untuk mengasah kompetensinya, sehingga menjadi lulusan yang kompeten dan mampu berdaya saing global,” tutur Wikan.

Wikan juga menambahkan bahwa pendidikan vokasi merupakan win-win solution bagi pemerintah. Berbekal dengan kompetensi yang tersertifikasi di bidangnya masing-masing, kemudian membaca potensi yang ada membuat lulusan vokasi dapat menjadi lulusan yang siap bekerja dan memasuki dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA). Tidak hanya itu, adanya penyelarasan kurikulum yang dilakukan antara industri dan satuan pendidikan vokasi, serta ditanamkannya mindset CEO membuat lulusan vokasi juga dapat berkarir di bidang wirausaha.

Wikan juga menegaskan, dengan kompetensi yang tersertifikasi sesuai passion dari lulusan pendidikan vokasi, termasuk SMK, menjadi kekuatan bagi pemerintah dalam menyiapkan SDM unggul yang mampu berdaya saing global. Terlebih, mempersiapkan diri menghadapi bonus demografi yang akan datang.

Alhasil, melalui seleksi penerimaan calon ASN  tersebut, KKP mengakui bahwa lulusan SMK merupakan jawaban dari kebutuhan SDM yang diperlukan untuk menjadi bagian dari ASN yang berperan untuk menguatkan sinergi dalam mengatasi permasalahan pemerintah, khususnya bidang kelautan dan perikanan.

Adapun menyoal persyaratannya, lulusan SMK dapat mendaftarkan diri pada seleksi CASN 2021 dan bergabung menjadi solusi bagi negeri melalui http://www.ropeg.kkp.go.id/artikel-2156-pengumuman-seleksi-pengadaan-aparatur-sipil-negara-kementerian-kelautan-dan-perikanan-tahun-2021. (Diksi/Tan/AP)