Gandeng Kokoon Hotel, Desy Education Siap Cetak Lulusan Kompeten

Banyuwangi, Ditjen Diksi – Bekerja sama dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Desy Education Banyuwangi menggelar praktik food and beverage (F&B) service serta pelayanan pramusaji yang diselenggarakan di Kokoon Hotel Banyuwangi beberapa waktu yang lalu. Tak heran, para peserta didik begitu antusias dalam mengikuti  pembelajaran yang diberikan, seperti table setting yang meliputi pengenalan berbagai equipment, serving, hingga clear up di hadapan tamu.

“Teman-teman Desy Education sangat antusias pada kegiatan ini.  Mereka secara langsung belajar dari yang sebelumnya sudah dipelajari di kelas dengan kegiatan praktik di sini,” ujar F&B Manager Kokoon Hotel Abdul Ghofur.

Adapun tujuan pelatihan tersebut, tambah Ghofur, guna membuat peserta didik dapat lebih terlatih melalui praktik-praktik nyata yang dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan pada bidang F&B.

Sementara itu Direktur Desy Education Handoyo Saputro menyampaikan, dalam menyelenggarakan pelatihan tersebut pihaknya telah lebih dulu mengelompokkan para peserta didik sesuai keahliannya masing-masing. Dengan menggandeng Kokoon Hotel dalam menyelenggarakan pelatihan, Handoyo menyebut hal tersebut merupakan salah satu bentuk komitmen Desy Education dalam mengimplementasikan “link and match” agar dapat melahirkan lulusan yang kompeten, serta mampu berdaya saing global, khususnya pada peserta Program Kecakapan Kerja (PKK) yang diinisiasi oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan.

“Harapannya adalah peserta didik bisa langsung mengobservasi atau mengimplementasikan apa yang dipelajari di LKP, bisa langsung ditanyakan langsung ke stakeholder atau instruktur yang ada di DIDUKA,” jelasnya.

Handoyo menambahkan, melalui pelatihan tersebut, peserta didik juga diharapkan dapat lebih mudah dan cepat terserap di dunia kerja.

Salah satu peserta didik yang juga menekuni F&B khususnya bartender, Cantika Dwi Cahyani, mengaku mendapatkan berbagai manfaat dari pelatihan yang diselenggarakan Desy Education dengan Kokoon Hotel Banyuwangi. “Karena saya ingin masuk di bar, saya tertarik mempelajari glass ware. Di sini saya akhirnya tahu bagaimana gelas yang cocok untuk minuman-minuman tertentu,” ungkapnya. (Diksi/Tan/AP)