Tuntas Studi, 91 Wisudawan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Siap Berkontribusi

Tuntas Studi, 91 Wisudawan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta Siap Berkontribusi

Bantul, Ditjen Vokasi – Akademi Komunitas Negeri (AKN) Seni dan Budaya Yogyakarta kembali meluluskan generasi muda berbakat dalam seni dan budaya melalui acara wisuda yang diadakan pada Kamis (5-9-2024). 


Sebanyak 91 mahasiswa resmi menyandang status sebagai lulusan setelah berhasil menyelesaikan masa studinya. Para wisudawan kini siap berkontribusi pada pelestarian seni dan budaya di Indonesia, khususnya seni dan budaya bergaya Yogyakarta.



Dalam sambutannya, Direktur AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, Supadma, mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian mahasiswanya. Supadma menekankan pentingnya peran seni dan budaya dalam membangun identitas bangsa serta berharap para lulusan dapat meneruskan tradisi dan karya yang telah mereka pelajari selama masa studi.


“AKN Seni dan Budaya Yogyakarta senantiasa membuka ruang untuk alumni datang sebagai rumah bersama dan sebagai tempat untuk proses kreatif dalam memajukan kesenian, kebudayaan maupun kurikulum,” ucap Supadma.


Supadma juga menekankan bahwa harapan besar telah disematkan di pundak para lulusan. Ia berharap agar para lulusan dapat berperan aktif dalam menjunjung visi dan misi AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, menjadi agen perubahan, memiliki kemandirian, dan menjunjung tinggi adat istiadat. 



“Selain itu, alumni juga diharapkan dapat menjadi perekat solidaritas sosial dan sebagai sumber daya manusia yang berdaya dengan bertindak sebagai sebagai pengembang dan pelestari, menghidupkan sanggar-sanggar seni dan budaya dengan menanamkan nilai-nilai seni budaya Yogyakarta,” ujarnya. 


Dalam kesempatan yang sama, turut hadir Gubernur Daerah Istimewa (D.I.) Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono (HB.) X. Pada sambutannya, Sri Sultan menyampaikan bahwa budaya adalah identitas, jiwa, sekaligus fondasi dari peradaban yang akan diwariskan kepada generasi penerus bangsa. Budaya bukan hanya sekadar warisan, tetapi juga sebuah strategi untuk bertahan hidup dan menang dalam segala tantangan zaman. 


“Saya berpesan agar para wisudawan bukan hanya berperan sebagai penerus, tetapi juga sebagai pemimpin dalam perjalanan panjang kehidupan menuju peradaban yang lebih maju. Sekali lagi selamat atas kelulusannya dan selamat berjuang,” ungkap Sri Sultan HB. X.


Sementara itu, Raja Gowa ke-38, Andi Kumala Andi Ijo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang, yang turut hadir pada acara tersebut turut mengapresiasi kelulusan para mahasiswa AKN Seni dan Budaya Yogyakarta. Raja Gowa mendukung penuh upaya generasi muda, dalam hal ini mahasiswa AKN Seni dan Budaya Yogyakarta, dalam melestarikan dan memperkenalkan seni dan budaya Indonesia. Budaya bukan hanya tentang masa lalu, tetapi juga tentang bagaimana semua orang memaknainya untuk masa sekarang dan masa depan.



“Semoga ilmu yang telah diperoleh dapat menjadi bekal untuk terus memperkaya khasanah kebudayaan Indonesia, menjaga jati diri bangsa, serta membawa kemajuan bagi negeri ini,” ucap Andi Kumala Andi Ijo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang.


Para wisudawan AKN Seni dan Budaya Yogyakarta terdiri atas 27 mahasiswa Program Studi (Prodi) Karawitan, 46 mahasiswa Prodi Seni Tari, dan 18 mahasiswa Prodi Seni Kriya Kulit. 


Selain dihadiri oleh Gubernur D.I. Yogyakarta, dalam acara ini juga turut mengundang Ketua DPRD D.I. Yogyakarta, Bupati dan Wali Kota se-D.I. Yogyakarta, Raja Gowa ke-38, Rektor ISI Yogyakarta, Penghageng Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Puro Pakualaman, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemda (OPD) D.I. Yogyakarta, serta Direktur Utama Bank BPD DIY. 


Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Raja Gowa ke-38, Kepala BPPMPV KPTK Gowa, perwakilan dari BBPPMPV Seni dan Budaya, AKN Pacitan, AKN Rejang Lebong, dan AKN Putra Sang Fajar Blitar. (AKN SenBud Yogyakarta/Aya/Cecep)