Tertarik Menjadi Apoteker? 5 Materi yang Dipelajari SMK Jurusan Farmasi

Tertarik Menjadi Apoteker? 5 Materi yang Dipelajari SMK Jurusan Farmasi

Metro, Ditjen Vokasi – Salah satu hal yang paling penting untuk menyembuhkan orang yang sakit ialah obat. Cabang ilmu kesehatan yang memiliki fokus utama mempelajari tentang obat-obatan ialah farmasi. 


Dalam dunia kesehatan kata farmasi cukup lekat. Hal ini karena farmasi merupakan bidang yang mengurusi obat-obatan. Prospek pekerjaan untuk bidang farmasi cukup tinggi. 


Tingginya permintaan ini perlu diimbangi dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di bidangnya. SMK Jurusan Farmasi menjadi salah satu tempat yang menghasilkan SDM ini. Ada banyak SMK di Indonesia yang menawarkan jurusan ini dan bisa dipilih untuk memperdalam ilmu terkait obat.


Perlu kamu ketahui, Jurusan Farmasi tidak hanya belajar tentang obat-obatan karena ruang lingkup farmasi tidak hanya tentang obat saja, tetapi tentang anatomi histologi, faal, bahkan agrikultur yang berkaitan dengan tanaman obat.


Buat kamu yang ingin mengenal Jurusan Farmasi lebih dalam, kali ini Yuli Fitri Yani, guru Jurusan Farmasi, SMK Muhammadiyah 3 Metro, Lampung akan berbagi informasi terkait lima materi yang akan dipelajari oleh siswa Jurusan Farmasi.


  1. Farmakologi Dasar

Pada materi ini siswa akan mempelajari prinsip-prinsip dasar farmakologi termasuk pemahaman tentang obat-obatan, dosis, dan cara kerja obat. Selain itu, pada materi ini siswa juga akan belajar tentang interaksi obat, efek samping, dan kontraindikasi. 


  1. Pengenalan Obat dan Sediaan Galenik

Setelah mengenal dasar-dasar farmakologi, siswa akan diajarkan tentang berbagai jenis obat, formulasi sediaan, dan cara pengolahan obat. Materi ini akan melibatkan pemahaman tentang bentuk-bentuk dosis seperti tablet, kapsul, dan sirup serta cara pembuatan dan penyimpanan yang benar.


  1. Teknik Farmasi

Materi teknik farmasi terkait keterampilan praktis, seperti cara mengukur dosis, mengisi resep, meracik obat, dan pekerjaan laboratorium dasar. Pada materi ini, siswa juga belajar mengelola stok obat di apotek atau unit farmasi.


  1. Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Dalam setiap profesi pekerjaan tiap-tiap pekerja penting untuk mengetahui prosedur kesehatan dan keselamatan kerja. Untuk ini dalam materi ini, siswa akan belajar memahami prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja terutama dalam konteks lingkungan farmasi. Materi ini melibatkan pemahaman tentang bahaya bahan kimia, prosedur keamanan, dan pemakaian alat pelindung diri.


  1. Administrasi dan Manajemen Apotek

Pada materi ini, siswa akan mempelajari aspek-aspek administratif dan manajemen terkait dengan operasional apotek. Materi ini mencakup pengelolaan stok, pemesanan obat, interaksi dengan pelanggan, dan pemahaman tentang regulasi farmasi yang berlaku.


Itu dia lima materi yang dipelajari oleh siswa SMK Jurusan Farmasi. Tentunya masih ada materi-materi lain yang akan dipelajari dalam jurusan ini. (Aya/Cecep)