SMKN 2 Jepara Cetak Talenta Ukir Unggul

Jepara, Ditjen Diksi – Jepara yang tenar sebagai kota dengan kerajinan ukiran kayu terbaik, nyatanya tak lepas dengan talenta-talenta ukir kayu terbaik yang ternyata banyak lahir dari SMKN 2 Jepara, Jawa Tengah.

 

Sekolah yang mulanya adalah sekolah teknik menengah yang menyelenggarakan dekorasi ukir pada tahun 1959, kini tetap konsisten dalam mengembangkan dan melahirkan talenta ukir terbaik.

 

Kepala SMKN 2 Jepara, Muhammad Zainudin Aziz mengatakan, konsistensi yang dilakukan oleh SMKN 2 Jepara dalam mengembangkan bidang kompetensi ukir kayu membuahkan hasil dengan diraihnya berbagai prestasi bidang kompetensi ukir kayu, bahkan lulusan yang menjadi wirausaha bidang ukir kayu.

 

“Pada masa krisis 1988, di Jepara justru booming usaha mebel. Banyak lulusan sekolah ini yang menjadi pengusaha lokal hingga eksportir yang menjadi kebanggaan kami,” ungkap Zainudin.

 

Lahirnya wirausaha dari SMKN 2 Jepara tentu tak lepas dari hasil kreasi seni ukir baru yang disajikan sehingga tak heran jika sekolah ini kerap menjadi salah satu tempat studi banding dalam perjalanan sejarah ukir tanah air. 

 

“Pada era 1980-1986 siswa dari negara Malaysia setiap tahunnya belajar di sekolah ini. Mereka yang belajar di sini juga telah menjadi pengajar di negaranya,” kata Zainudin.

 

Selain melahirkan wirausaha bidang ukir kayu, SMKN 2 Jepara juga turut melahirkan talenta ukir kayu terbaik yang sudah terserap di dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA), terlebih pada industri mebel.

 

Salah satu keunggulan SMKN 2 Jepara, yakni kemampuan membuat desain ukiran kayu yang sesuai dengan zamannya. “Untuk kreasi kayu misalnya, persentase kurikulum dari pihak industri juga telah mencapai sekitar 60 persen,” jelas Zainudin.

 

Zainudin menambahkan, para siswa sekolah ini juga diwajibkan memiliki satu produk unggulan guna merangsang kreasi para siswa. Pihak sekolah pun turut memberi apresiasi dengan membeli produk terbaik siswanya. (Diksi/Tan/AP/NA)