Poltekad Gelar Wisuda Diploma Empat

Batu, Ditjen Diksi - Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) menggelar Wisuda Program Diploma Empat Angkatan III Tahun Pendidikan 2018-2022 yang diikuti oleh 50 lulusan terbaik serta didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman (3/2).

 

“Hari ini saya pimpin wisuda lulusan terbaik di Poltekad. Dari 60 bintara mahasiswa (Bamasis) angkatan 2018-2022 yang lulus 50 Bamasis. Bintara ini kita rekrut dari satuan-satuan selama empat tahun untuk bisa mendapat gelar D-4,” ujar Dudung.

 

Dari 50 lulusan terbaik, terdapat 15 orang wisudawan Prodi Elektronika Sistem Senjata, 18 orang wisudawan Prodi Telekomunikasi Militer, dan 17 orang wisudawan Prodi Otomotif Kendaraan Tempur. Mereka semua mendapatkan titel lulusan S.T.Tr. (Sarjana Teknik Terapan).

 

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto yang menghadiri acara tersebut menyampaikan, dengan diselenggarakannya wisuda program D-4/sarjana terapan, Poltekad telah melahirkan lulusan yang kompeten. “Faktanya, politeknik ini menciptakan lulusan yang kompeten. Tidak hanya hard skill, tapi lebih kepada soft skill, leadership, dan karakter,” tuturnya.

 

Wikan meyakini, lulusan tersebut juga mampu mengembangkan riset terapan yang menghasilkan produk nyata, khususnya di bidang kemiliteran. “Saya yakin lulusan Poltekad akan terus berkembang karena program sarjana terapannya telah mengembangkan kurikulum 'link and match', serta pembelajaran berbasis project based learning dan riset terapan yang menghasilkan produk nyata di bidang kemiliteran,” lanjutnya.

 

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 17 wisudawan mendapatkan hadiah yang dipersembahkan oleh KSAD guna mengikuti pendidikan lanjutan Sekolah Calon Perwira (Secapa) Angkatan Darat. “Kebijakan saya bagi mereka yang telah belajar 4 tahun, telah berkorban, dan berdedikasi besar, maka mereka akan diminta untuk lanjut pendidikan Secapa AD,” jelas Dudung.

 

Dudung menyampaikan, kebijakan yang diberikan telah melalui pertimbangan kualitas. Ke depan, Dudung menyiapkan 17 wisudawan penerima hadiah akan menjadi tenaga ahli dalam satuan-satuan untuk mendukung tugas pokok. (Diksi/FJ/Tan/AP/NA)