Polban Siap Jadi Tuan Rumah Kompetisi Pariwisata Bertaraf Internasional Ke-13

Polban Siap Jadi Tuan Rumah Kompetisi Pariwisata Bertaraf Internasional Ke-13

Bandung, Ditjen Vokasi - Politeknik Negeri Bandung (Polban) kembali menggelar Kompetisi Pariwisata Indonesia (KPI) ke-13. Kompetisi yang akan berlangsung secara hybrid pada pada 3-5 Mei 2023 diharapkan dapat memperkuat keterampilan mahasiswa dan menjadi langkah lain untuk membawa event kompetisi pariwisata ke kancah internasional.


Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Polban, Tomy Andrianto, mengatakan bahwa tahun 2023 ini KPI mengangkat tema "Rethinking Tourism: Pathways to Sustainable and Inclusive Development" dengan tagline "Tourism Beyond Traveling". KPI ke-13 ini akan memperebutkan kembali piala bergilir Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sebelumnya Politeknik Pariwisata NHI Bandung berhasil meraih piala bergilir tersebut mengalahkan juara umum KPI ke-12.


"Alhamdulillah, untuk saat ini KPI memasuki tahapan pra pelaksanaan dengan persiapan yang sangat lancar karena mahasiswa sudah mulai bekerja satu tahun sebelumnya," kata Tommy.


Menurut Tommy, persiapan yang dilakukan tidak hanya persiapan di venue utama yaitu Politeknik Negeri Bandung, tetapi juga venue mitra penyelenggaraan KPI ke-13, yaitu di Café Morning Glory, The Papandayan Hotel dan Hotel GH Universal.


"Harapan kami, KPI ke-13 dapat berjalan lancar sesuai dengan perencanaan dan mahasiswa/dosen pembimbing dan panitia lain yang terlibat dapat belajar dari prosesnya dengan sebaik-baiknya," kata Tommy menambahkan.


Tommy juga berharap agar KPI masih menjadi kompetisi pariwisata nomer satu di Indonesia dan dapat memberikan kesan yang baik dan menyenangkan untuk seluruh pihak yang terlibat di dalamnya.


Kompetisi yang diselenggarakan sejak tahun 2009 ini merupakan ajang hasil penerapan berbagai mata kuliah, seperti Manajemen Event, Proyek Bisnis Pariwisata, Pelayanan Pariwisata Prima, Kewirausahaan, dan Pemasaran Pariwisata. Kompetisi ini diharapkan dapat memperkuat keterampilan mahasiswa dalam menerapkan pembelajarannya. Selain itu, KPI selalu berkomitmen diselenggarakan sebagai sustainable event dalam meningkatkan kualitas lingkungan, melestarikan warisan budaya, dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi lokal. 


KPI ke-13 menggelar 19 kompetisi yang mengusung tema keberlanjutan dan pembangunan inklusif dengan tujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa yang memiliki wawasan dan kepedulian terhadap pembangunan berkelanjutan. Adapun untuk pembagian, ke-19 lomba KPI ke-13 terbagi menjadi dua kategori, yaitu 13 kompetisi khusus yang dapat diikuti oleh mahasiswa pariwisata dan 6 kompetisi umum yang dapat diikuti oleh mahasiswa non-pariwisata di jenjang D-3, D-4, dan S-1.


Kategori kompetisi khusus yaitu Guiding, Tourism Scientific Writing, Tour Package, Tourism Quiz Competition, Tourism Ideathon, Bidding Event Proposal, Travel Writing, Plating Dessert, Making Bed, Makeup Room, Gastronomy Art Competition, Fruit Carving, dan Elaborate Table Set Up.
 Kategori kompetisi umum yaitu Photography, Short Movie, Creative Dance, Manual Brew, Latte Art, dan Traditional Mocktail.


Dengan mempertimbangkan isu-isu pariwisata terkini, melibatkan mitra pendukung yang relevan dan melibatkan para profesional pariwisata dari berbagai latar belakang dan organisasi, seperti ASITA, HPI, APIEM, dan peneliti di bidangnya merupakan upaya KPI dalam meningkatkan sektor pendidikan.


Disisi lain, KPI ke-13 diharapkan menjadi bagian dari kegiatan kepariwisataan yang mendatangkan peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan menjadi langkah lain untuk membawa event kompetisi pariwisata ke kancah internasional. Target peserta KPI ke-13 mencapai 690 orang dari 65 perguruan tinggi di Indonesia dan 37 orang dari perguruan tinggi luar negeri baik di bidang pariwisata maupun non-pariwisata. 


Kembangkan potensi Anda dengan mengikuti kompetisi KPI ke-13 berdasarkan minat dan keterampilan Anda. KPI ke-13 menawarkan banyak keuntungan dan manfaat yang dapat dirasakan oleh setiap pesertanya. Pendaftaran KPI ke-13 telah dibuka sampai tanggal 1 Mei 2023. Informasi selengkapnya dapat diakses melalui website resmi KPI pada http://kpi.polban.ac.id. (Polban/Nan/Cecep)