PKM Vokasi Pacu Riset dan Inovasi

Jakarta, Ditjen Diksi - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi kembali menggelar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) guna mengasah kompetensi mahasiswa vokasi dalam melahirkan riset dan inovasi terbaru. Direktur Akademik dan Perguruan Tinggi Vokasi, Beny Bandanajaja mengatakan kreativitas sangat dibutuhkan dalam melahirkan berbagai inovasi terbaru yang dapat menjadi problem solving bagi permasalahan yang ada.

 

“Kreativitas sangat dibutuhkan. Bersama dengan PKM ini sudah dibuka dan bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa baik akademik maupun vokasi. Makanya, kita perlu sampaikan apa saja yang ada di vokasi,” ujar Beny.

 

Beny menambahkan, peluang kolaborasi antara mahasiswa akademik dan mahasiswa vokasi juga sangat terbuka lebar dalam mengajukan proposal PKM. “Kolaborasi antara mahasiswa akademik dan vokasi juga sangat terbuka, tinggal nanti siapa yang berperan menjadi leader,” tuturnya.

 

PKM yang merupakan program tahunan dari perguruan tinggi akademik maupun vokasi menjadi sebuah ajang bagi mahasiswa dalam menyampaikan ide dan gagasan mengenai hal-hal yang dapat menjadi pemecah masalah.

 

Pada tahun 2022 ini terdapat beberapa perubahan dalam pelaksanaan PKM. Salah satunya yakni perihal pendanaan perguruan tinggi terkait dapat atau bahkan wajib berkontribusi sebanyak 25% pendanaan, sedangkan 75% pendanaan akan difasilitasi oleh Kemdikbudristek.

 

Tidak hanya itu, PKM 2022 juga membuka peluang bagi pengusul proposal untuk mendapatkan bantuan dana dari pihak luar sebesar 10% sehingga total pembiayaan maksimal yang dapat diberikan kepada pengusul program untuk menjalankan program sebesar Rp9.450.000.

 

Lebih lanjut, PKM yang digelar pada tahun 2022 ini terbagi menjadi 10 kategori sebagai berikut:

1.PKM-RE : novelty (unsur kebaruan)

2.PKM-RSH : novelty (unsur kebaruan)

3.PKM-K : produk barang/jasa baru

4.PKM-PM : membantu masalah mitra non profit

5.PKM-PI : membantu masalah mitra

6.PKM-KC : prototipe/purwarupa

7.PKM-KI : siap produksi skala 1

8.PKM-VGK : video SDG’s/keprihatinan bangsa

9.PKM-GFT : ide diwujudkan jangka panjang

10.PKM-AI : sudah dikerjakan tim mahasiswa

 

Adapun informasi lainnya dapat diperoleh dengan mengakses https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/. (Diksi/Tan/AP/NA)