Pernah Ketemu Blackpink, Inilah Rasanya Bekerja di Hotel Bintang 5

Pernah Ketemu Blackpink, Inilah Rasanya Bekerja di Hotel Bintang 5

Jakarta, Ditjen Vokasi - Bekerja di hotel bintang 5 dapat memberikan pengalaman yang menarik dan menantang karena biasanya memiliki standar tinggi dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Hal tersebutlah yang dirasakan oleh Akbar Ramadhan (25) yang bekerja di The Langham Hotel Jakarta. 


Ia mulai bekerja di hotel bintang 5 tersebut pada Agustus 2021. Pada mulanya ia bekerja di bagian restoran Tom's by Tom's Aiken's. Lalu karena kemampuannya tak diragukan lagi, ia pun pindah ke private kitchen. Akbar secara khusus melayani room service di hotel terbaik di Jakarta itu. 



“Sangat sulit masuk The Langham Hotel. Ini pengalaman yang luar biasa bagi saya,” tutur Akbar dengan penuh semangat.


Akbar adalah alumni Jurusan Perhotelan dan Kapal Pesiar LKP Sangkuriang Maritim Hotel Institut, Bogor, Jawa Barat pada tahun 2019. Sejak SMA ia sudah memantapkan hati untuk kursus perhotelan. Setelah lulus, ia sempat bekerja di kapal pesiar selama dua tahun. Seusai kontraknya selesai, ia memutuskan untuk menetap di tanah air.


Gayung bersambut, Akbar pun mendapatkan informasi dari tempat LKP nya belajar dahulu mengenai lowongan kerja di The Langham. Dengan melewati proses seleksi yang ketat, akhirnya ia berkesempatan untuk bekerja di hotel impiannya. 


Bagi anak perhotelan, bekerja di hotel bintang 5 adalah impian. Hal tersebut dikarenakan hotel bintang 5 menawarkan peluang karier dan intensif yang baik. Selain itu, karena standar yang tinggi, para pegawainya dapat meningkatkan kemampuan profesional dalam bekerja. 


Sudah hampir tiga tahun bekerja di hotel tersebut, Akbar memiliki pengalaman yang luar biasa. Salah satunya adalah ia pernah melayani idol grup asal Korea Selatan, yaitu Blackpink.


“Walaupun mereka ada di depan mata, saya tetap profesional melayani tamu,” tutur Akbar menggambarkan perasaannya bertemu idol grup tersebut.


Akbar bercerita bahwa empat personil Blackpink tersebut memesan kamar di lantai yang berbeda. Ketika itu ia mendapatkan perintah dari PIC untuk menyiapkan dan mengantarkan makanan ke kamar personil Blackpink. 


“Saya disuruh PIC agar makanan cukup diantar sampai depan kamar saja,” jelas Akbar.




Bekerja dengan pengalaman internasional dan dilengkapi dengan fasilitas kemewahan hotel, sangat menjadi pengalaman yang berkesan bagi Akbar. Ia merasa bahwa pengalamannya saat ini tak berarti jika ia tak komitmen belajar perhotelan. Untuk itulah, ketika belajar di Sangkuriang Maritim Hotel Institute ia sangat bersungguh-sungguh.


Bagi Akbar, LKP tersebut sangat membantu jenjang kariernya selama ini. Saat setelah lulus ia diarahkan bekerja di kapal pesiar Costa Cruise Line, kapal pesiar dari Italia. 


Theo George Gill selaku Direktur LKP  Sangkuriang Maritim Hotel Institute mengaku kagum dengan kegigihan Akbar.


“Akbar selama belajar di Sangkuriang selalu menunjukkan motivasinya yang kuat untuk dapat bekerja di kapal pesiar. Ia pun selalu berlatih bahasa Inggris dengan para dosen,” terang Theo.


Berdasarkan pengalaman dan kompetensi yang dimiliki, ia pun memberikan arahan kepada peserta didik atau alumni perhotelan. Menurutnya jika ingin bekerja haruslah terus berusaha dan pantang menyerah. Sesungguhnya, setiap manusia hanya bisa memberikan yang terbaik dan hasilnya Allah yang menentukan. (Zia/Cecep)