LKP P4M Mataram dan SMKN 5 Mataram Bersinergi untuk Mencetak SDM

LKP P4M Mataram dan SMKN 5 Mataram Bersinergi untuk Mencetak SDM

Mataram, Ditjen Vokasi - Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) P4M Mataram bekerja sama dengan SMKN 5 Mataram melalui penandatanganan MoU pada Rabu, 1 Februari 2023. 


LKP P4M Mataram merupakan LKP asal Mataram, Nusa Tenggara Barat yang sudah terdaftar di Direktorat Kursus dan Pelatihan, Kemendikbudristek dan menjadi peserta program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) platinum pada tahun 2022. Lulusan LKP P4M Mataram telah sukses di berbagai industri, khususnya di industri perhotelan dan kapal pesiar serta administrasi perkantoran.


“Tujuan dari agenda kerja sama ini adalah memperkenalkan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Komputer Digital Bisnis yang ada di P4M Mataram. Untuk itu, kami pun bersinergi dengan SMKN 5 Mataram agar kedua lembaga konsisten berkontribusi untuk mencetak SDM yang kompeten di bidangnya,” ujar I Gusti Ayu Ari Dharsini selaku Direktur P4M Mataram.


Secara khusus, LKP P4M bersinergi dengan SMKN 5 Mataram pada bidang desain grafis. Ada 3 (tiga) bentuk kerja sama yang ditandatangani oleh kedua lembaga tersebut.


Pertama, P4M Mataram menyediakan Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk siswa Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Jurusan Desain Grafika. Pelaksanaan TUK ini harus sudah terverifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) agar lulusan diakui dan dapat bersaing di industri. Maka dari itu, SMKN 5 Mataram berkolaborasi dengan P4M Mataram yang sudah terverifikasi oleh LSK.


Kedua, instruktur dari P4M Mataram akan mengajar di SMKN 5 Mataram sekaligus menjadi penguji internal. Rencananya tiga orang instruktur dari P4M Mataram akan mengajar dua kali seminggu. Lalu yang ketiga, bentuk sinergi ini juga bertujuan untuk mengadakan sosialisasi kepada murid SMKN 5 Mataram terkait pendidikan dan pelatihan vokasi di P4M Mataram. 


Sebagai Direktur LKP P4M Mataram, Ari Dharsini berharap agar pendidikan vokasi lebih diterima dan diakui masyarakat. 


Ari Dharsini mengatakan, “Sebenarnya industri juga menginginkan lulusan yang sudah siap kerja karena lulusan sudah memiliki keterampilan yang sesuai dengan industri tersebut. Contohnya saja di P4M Mataram, perusahaan asal Dubai menginginkan 300 lulusan kami untuk berada di industri perhotelan dan kapal pesiar. Sejauh ini, P4M Mataram sudah dipercaya di beberapa perusahaan besar, baik nasional maupun global.” (Zi/Adi Sutrisno)