Kisah Exgi, Anak TKI yang Terus Mendulang Prestasi

Kisah Exgi, Anak TKI yang Terus Mendulang Prestasi

Cilacap, Ditjen Diksi - Kondisi dan status sosial tak menjadi hambatan bagi seorang Exgi Setiawan atau yang kerap disapa Exgi untuk konsisten dalam menekuni bidang welding, hingga berulang kali mendulang prestasi.

 

Salah satunya, mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Cilacap (PNC) itu berhasil meraih juara pertama pada ajang National Welding Competition (NWC) kategori Las Pipe GTAW 2G di Bandung pada September 2021 lalu. Sebelumnya, Exgi juga pernah memenangkan kompetisi welding saat masih duduk di bangku SMKN 2 Cilacap, tepatnya jurusan teknik pengelasan.

 

“Saya ingin membuat bangga orang tua saya. Ibu saya TKI di Singapura yang hanya lulusan SD, Bapak saya juga lulusan SMP. Meski demikian, dengan tekun belajar, saya bisa meraih prestasi dan membuatnya bangga,” tutur Exgi.

 

Kelak, Exgi bercita-cita bisa membuka pelatihan pengelasan untuk warga sekitar. Ia juga berharap bisa berkumpul lagi di Cilacap bersama ayah dan ibunya.

 

“Kalau sudah sukses nanti, ya, saya maju buat pelatihan pengelasan untuk warga. Ya, itu wujud bagaimana saya bisa memberikan kebermanfaatan pada masyarakat sekitar,” terang Exgi.

 

Dosen mata kuliah Pengelasan Politeknik Negeri Cilacap, Ipung Kurniawan mengatakan, prestasi Exgi memang tidak diragukan hingga beberapa kali memenangkan lomba kompetensi siswa (LKS) di bidang yang sama. Hal itu membuatnya memilih Exgi untuk dikirim pada kompetisi welding mewakili PNC.

 

“Mengapa Exgi? Karena ia sejak SMK sudah menguasai materi dan pernah memenangkan lomba LKS di bidang yang sama. Saat diamati dalam proses pelatihannya pun terlihat Exgi memiliki kelebihan. Maka dari itu, saya selaku pembimbing dan tim memilih Exgi untuk mewakili Politeknik Negeri Cilacap,” ungkap Ipung. (Diksi/JR/Tan/AP)