Kiat Mengajar untuk Siswa Berkebutuhan Khusus
Jakarta, Ditjen Vokasi PKPLK - Setiap anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan individu yang istimewa. Seperti halnya individu pada umumnya, mereka juga memiliki hak yang sama untuk memperoleh pendidikan dan mengembangkan bakat serta potensi mereka.
Akan tetapi, dengan keterbatasan yang mereka miliki, hal ini membuat kegiatan mengajar anak ABK memiliki tantangan tersendiri. Gaya mengajar yang sesuai akan sangat memengaruhi keberhasilan dalam mengajar anak-anak dengan disabilitas. Namun, untuk membantu Anda berhasil dalam mengajar siswa berkebutuhan khusus secara umum, Anda harus mempertimbangkan lima kiat mengajar berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.
Jaga kelas Anda tetap teratur
Struktur sangat penting bagi siswa berkebutuhan khusus dan dapat sangat membantu Anda sebagai guru pendidikan khusus. Baik Anda memiliki satu atau dua puluh siswa yang harus dipantau, berpegang teguh pada rutinitas harian sebanyak mungkin akan membantu Anda dan siswa Anda. Menjaga kelas Anda tetap teratur juga akan membantu meminimalkan stres dan gangguan.
Ingatlah bahwa setiap anak adalah individu
Setiap siswa berkebutuhan khusus itu unik. Jadi cobalah untuk mengenal siswa Anda sebagai individu alih-alih mengidentifikasi mereka berdasarkan diagnosis mereka. Sebagai guru pendidikan khusus, Anda mungkin bertanggung jawab untuk mengembangkan Individualized Education Program (IEP) yang dapat membantu Anda dan orang tua anak untuk bersama-sama membuat rencana pendidikan yang sesuai.
Berikan siswa Anda kesempatan untuk sukses
Mempertahankan pandangan positif sangat penting dalam bidang yang penuh tantangan seperti pendidikan khusus. Beberapa hari akan lebih sulit daripada hari lainnya dan beberapa siswa akan mengalami kemajuan lebih lambat daripada hari lainnya. Dorong siswa Anda untuk bekerja keras dan meningkatkan kemampuan dengan menawarkan kesempatan untuk meraih keberhasilan kecil, lalu rayakan keberhasilan tersebut.
Buat jaringan pendukung
Sebagai guru pendidikan khusus, Anda harus mampu bekerja sama dengan guru pendidikan umum siswa Anda serta terapis dan orang tuanya. Semakin banyak Anda berkomunikasi dengan semua orang, semakin mudah segala sesuatunya dan semakin banyak manfaat yang akan diperoleh siswa Anda.
Buat semuanya tetap sederhana
Dalam hal mengajar siswa berkebutuhan khusus, penting untuk membagi tugas menjadi langkah-langkah kecil yang mudah dikelola. Anda juga harus membuat proyek tetap singkat dan mudah dipahami. Semakin rumit sesuatu yang Anda buat, semakin besar kemungkinan siswa Anda menjadi bingung atau frustrasi dan hal itu menambah tantangan yang sudah Anda hadapi. (Nan/Cecep)