Kerja Nyata Jurusan Perhotelan SMKN 7 Kabupaten Tangerang

 

Tangerang, Ditjen Diksi - Potensi pengembangan pariwisata yang kini begitu pesat disadari oleh SMKN 7 Kabupaten Tangerang, Banten, melalui penyiapan kebutuhan tenaga di bidang hospitality.

 

Terlebih, lokasi strategis sekolah yang berdekatan dengan Stadium KONI menjadi peluang bagi sekolah tersebut mengembangkan teaching factory dalam bidang hospitality.

 

Kepala SMKN 7 Kabupaten Tangerang, Retno Andayani menyampaikan, dalam persiapan PON Papua, occupancy di Hotel Sapta yang dikelola sekolah tersebut meningkat, bahkan semua kamar terisi penuh. Tidak hanya itu, tim taekwondo dan beberapa tamu lainnya juga turut menginap di Hotel Sapta.

 

Hal tersebut tentu menjadi simbiosis mutualisme bagi SMKN 7 Kabupaten Tangerang dan para tamu. Alhasil, peserta didik dapat melatih softskill mereka melalui praktik kerja langsung di hotel. Tentunya, implementasi teaching factory tersebut menjadi bukti nyata SMKN 7 Kabupaten Tangerang guna melahirkan lulusan yang unggul dan kompeten, khususnya di bidang hospitality.

 

"Kami merangkul juga alumni untuk dapat berperan dalam pengembangan Hotel Sapta ini sehingga kompetensi mereka dapat terus terasah. Terlebih, bagi alumni yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi dengan jurusan yang linier, mereka bisa praktik nyata,” ungkap Retno.

 

Selain bidang perhotelan, SMKN 7 Kabupaten Tangerang juga hendak mengembangkan bidang Tata Boga, dengan membangun kafe di dekat hotel, dengan harapan dapat bersinergi dan menunjang fasilitas dari bidang perhotelan. "Kita akan menyiapkan sarana berupa kafe dan laundry untuk mengembangkan program teaching factory,” tambah Retno. (Diksi/SZ/TAN/AP/NA)