Inovasi Sabun Antiseptik SMKN 1 Pemulutan: Terobosan Baru dalam Menjaga Kesehatan

Inovasi Sabun Antiseptik SMKN 1 Pemulutan: Terobosan Baru dalam Menjaga Kesehatan

Ogan Ilir, Ditjen Vokasi – Kesehatan adalah hal penting yang wajib dijaga oleh setiap orang. Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang, misalnya dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan antiseptik. 


SMKN 1 Pemulutan, Ogan Ilir, Sumatra Selatan pun mengembangkan sebuah produk berbentuk sabun antiseptik. Inovasi sabun antiseptik ini merupakan produk kolaborasi dari program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) yang diterapkan di SMKN 1 Pemulutan. 


Sabun antiseptik SMKN 1 Pemulutan dibuat dengan menggunakan formula herbal yang tentunya aman untuk kesehatan. Sabun ini menggunakan kombinasi bahan aktif yang terbukti efektif dalam membunuh berbagai jenis bakteri dan virus. Formulanya juga dirancang untuk tidak menyebabkan iritasi pada kulit serta menjadikannya aman untuk penggunaan sehari-hari.


Kepala SMKN 1 Pemulutan, Rahmi Sofiah, menyampaikan bahwa pembuatan produk sabun antiseptik herbal ini sebagai bentuk kontribusi nyata SMKN 1 Pemulutan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. 

“Produk ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam upaya pencegahan penyakit dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya kebersihan badan,” ucap Sofiah.

Sementara itu, guru pembimbing dari SMKN 1 Pemulutan, Vrisky Vrilysilea, menuturkan bahwa untuk menghasilkan produk sabun antiseptik tersebut, para siswa harus membuat virgin coconut oil (VCO) terlebih dahulu. Setelah VCO berhasil didapatkan kemudian dicampur dengan bahan herbal lainnya seperti ekstrak sirih. 

Salah satu keunggulan utama dari sabun ini adalah komitmennya terhadap keberlanjutan. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun ini dipilih dengan cermat agar minim dampak terhadap lingkungan dan aman bagi pengguna.

“Kami harap produk-produk yang kami buat ini dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan kebersihan badan di era modern ini,” ucap Vrisky.

Saat ini, sabun antiseptik herbal SMKN 1 Pemulutan telah digunakan oleh warga sekolah dan masyarakat sekitar. Untuk masyarakat yang ingin mencoba sabun antiseptik ini bisa menghubungi media sosial SMKN 1 Pemulutan. (Aya/Cecep)