Hololens Based Digital Twin, Kacamata Pintar Inovasi Mahasiswa Politeknik Negeri Batam Permudah Pekerjaan Berisiko Tinggi

Hololens Based Digital Twin, Kacamata Pintar Inovasi Mahasiswa Politeknik Negeri Batam Permudah Pekerjaan Berisiko Tinggi

Jakarta, Ditjen Vokasi – Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa banyak dampak positif untuk kehidupan manusia. Kita tidak dapat memungkiri bahwa berbagai kemudahan telah dirasakan seiring munculnya inovasi berteknologi tinggi.


Terdapat beragam hasil inovasi berteknologi tinggi yang telah dibuat anak bangsa. Tentunya hasil-hasil ini memiliki manfaat bagi setiap aktivitas kita semua. Salah satu inovasi terbaru dari yang dibuat anak negeri ialah Hololens Based Digital Twin. Produk ini merupakan inovasi dari mahasiswa Politeknik Negeri Batam (Polibatam), Kepulauan Riau.


Produk hololens based digital twin merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa Program Studi (Prodi) Animasi, Mesin, dan Teknik Rekayasa Multimedia (TRM). Produk ini dibuat untuk membantu pekerja dalam mengoperasikan mesin holding engel victory. Mesin tersebut merupakan salah satu mesin yang berfungsi untuk mencetak plastik. Di dalam mesin tersebut terdapat aktivitas peleburan resin menggunakan pemanas yang bertemperatur cukup tinggi. 


Setiap pekerja harus siap manakala mesin tersebut mengalami eror atau sejenisnya. Tingginya tingkat risiko yang harus dihadapi para pekerja, menjadi latar belakang pembuatan produk ini.  


Hololens based digital twin dibuat melalui tiga tahap yakni observasi komponen mesin, pembuatan desain produk, dan programming. Menurut Widuri Sugiyani, mahasiswa Prodi TRM, Polibatam, kacamata pintar tersebut memiliki berbagai kelebihan yang dapat membantu pekerja dalam mendeteksi kejanggalan dalam mesin tersebut.