Hardiknas 2024 : Pemprov Jatim dan PENS Sepakat Dukung Pengembangan SDM

Hardiknas 2024 : Pemprov Jatim dan PENS Sepakat Dukung Pengembangan SDM


Surabaya, Ditjen Vokasi - Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur sepakat untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM). Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara Direktur PENS, Aliridho Barakbah, dan Penjabat Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, Kamis (02-05-2024).

Penandatangan kesepakatan bersama dilakukan bersamaan dengan perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 yang diselenggarakan di Gedung Grahadi Surabaya. Peringatan Hardiknas sendiri mengambil tema Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar.

“Alhamdulillah, dengan penandatangan ini semoga PENS semakin dapat berkontribusi pada pengembangan SDM di Provinsi Jawa Timur, dan Surabaya khususnya,” kata Aliridho di sela-sela acara peringatan Hardiknas. 

Menurut Aliridho, PENS bersama SEAMEO akan mengambil peran melalui program Golden Ticket yang akan menjadi salah satu jawaban dari permasalahan SDM di Indonesia. Saat ini, program ini sudah berjalan dan memasuki batch kelima yang akan memfasilitasi siswa kelas 11 dan 12 SMK dan SMA di Jawa Timur untuk mendapatkan peluang bekerja, berwirausaha, maupun sekolah sambil kuliah jarak jauh.

Gatot Hari Priowirjanto 

Koordinator SEAMEO, Gatot Hari Priowirjanto, yang hadir pada acara ini menegaskan jika SEAMEO juga berkomitmen untuk memberikan dukungannya pada pengembangan SDM. Hal tersebut sebagaimana tertuang dalam komitmen bersama antara Dinas Pendidikan Provinsi Jatim dan PENS yang juga ditandatangani di hari yang sama.

 

Gatot pun menceritakan berbagai kisah sukses siswa Sekolah Menengah yang telah dibina di SEAMEO. 

“Beberapa siswa yang menonjol dan menunjukkan prestasinya akan kami bina lebih lanjut di SEAMEO, Bandung dan akan kami kirim sebagai tenaga pengajar ke beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Thailand dan Filipina,” terang Gatot.

Siswa sekolah menengah memang menjadi salah satu sasaran dari program ini, di samping juga lulusan sekolah menengah yang ingin upgrading melalui program khusus yang saat ini masih dalam pembahasan lanjutan. Para siswa ini nantinya akan dibiasakan untuk terlibat dalam menyelesaikan masalah-masalah lokal yang ada di daerahnya masing-masing, seperti ketahanan pangan, digitalisasi sekolah, pengembangan desa digital, yang tujuan akhirnya pada peningkatan ekonomi daerah.

Di tempat terpisah, Wakil Direktur Bidang Kerja Sama PENS, Amang Sudarsono, menyampaikan jika saat ini PENS telah berkoordinasi dengan SEAMEO untuk melakukan edukasi dan sosialisasi mengenai Program Golden Ticket ke-38 kota dan kabupaten di Jawa Timur sebagai langkah awal program sembari menyiapkan berbagai sarana prasarananya.

“Pada 8 Mei 2024 besok kami berencana akan mengadakan sosialisasi ke SMA dan SMK secara daring. Kami memahami, akan ada banyak program dan tantangan ke depannya, termasuk bagaimana menyiapkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah. Dan ini masih berkaitan dengan pelaksanaan Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah, yang saat ini pada tahapan lanjutan pasca penyusunan kerangka workforce dan innovation planning,” kata Amang. (PENS/Nan/Cecep)