DINAS TPH KALBAR MANFAATKAN TEKNOLOGI DRONE POLNEP

Pontianak, Ditjen Diksi - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dinas TPH) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mulai menerapkan teknologi drone sebagai sarana untuk pemupukan dalam rangka mendukung intensifikasi budidaya padi. Drone untuk penyemprotan tersebut dibuat oleh PT Arah Teknologi Indonesia di bawah naungan Politeknik Negeri Pontianak (Polnep).

 

“Untuk tahap awal, penerapan drone menyasar penyuluh melalui pemberian bimbingan teknis sehingga ketika penerapan di lapangan sudah paham dan bisa menyebarkan ilmunya," ujar Kepala Dinas TPH Kalbar, Florentinus Anum (4/4).

 

Ia menjelaskan bahwa dalam melakukan pembangunan secara modern, perlu teknologi yang mendukung kebijakan meningkatkan produksi yang berujung kesejahteraan petani. Meski dalam proses penerapannya secara bertahap di lapangan.

 

Menurut Anum, saat ini Kalbar mulai mengembangkan Indeks Pertanaman empat kali tanam selama setahun atau IP400. Tentu, hal itu perlu didukung teknologi di setiap tahapan, mulai pengelolaan lahan, pemeliharaan, panen, hingga pascapanen. 

 

“Sentuhan teknologi penting untuk mendukung pertanian modern. Kalau secara manual, bagaimana kita mau mengejar IP400. Apalagi, dalam pengembangan berbasis kawasan. Tentu itu luas dan harus dibantu teknologi dengan alat pertanian juga," tuturnya.

 

Sementara itu, CEO PT Arah Teknologi, Tony mengungkapkan bahwa penggunaan teknologi di bidang pertanian diharapkan tidak hanya meningkatkan produktivitas dan menekan biaya produksi, tetapi juga menjadi pendorong untuk kaum milenial untuk ikut bertani.

 

 

Adapun Ketua IBT Polnep, Zulfikar mengatakan, Polnep mendukung inovasi dari warga Polnep dan alumni untuk dapat bermanfaat dan bernilai tambah baik secara komersial dan produktif.  (Diksi/Erwandi/AP/NA)