Berdedikasi di Kursus dan Pelatihan, LKP Mey Raih Penghargaan dari Bupati Bandung

Berdedikasi di Kursus dan Pelatihan, LKP Mey Raih Penghargaan dari Bupati Bandung

Bandung, Ditjen Vokasi - Lembaga kursus dan pelatihan (LKP) sebagai satuan pendidikan vokasi turut berkontribusi menghadirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul. Salah satu LKP yang menonjol dalam hal ini adalah LKP Mey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. LKP bidang kecantikan tersebut baru-baru ini meraih penghargaan bergengsi dari Bupati Bandung, Dadang Supriatna, atas dedikasi dan kontribusinya dalam bidang pendidikan dan pelatihan.


Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2024, Bupati Bandung memberikan penghargaan kepada pendidik dan tokoh yang berdedikasi dan inovasi di bidang pendidikan. Dari 14 penerima penghargaan tersebut salah satunya adalah LKP Mey sebagai inspirator karya terbanyak. 


Dadang Supriatna dalam kesempatan kegiatan acara tersebut menyampaikan bahwa LKP berperan dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas SDM, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh sebab itu, menurut Dadang, LKP tentu sangat layak untuk diberikan penghargaan. 


“LKP Mey adalah LKP yang produktif berkarya. Banyak inovasi yang menginspirasi dan penuh dedikasi, gebrakan terbarunya adalah menjadi inisiator terbentuknya Tim Koordinasi Daerah Vokasi (TKDV) di Kabupaten Bandung,” tutur Dadang.


Sebagai pemerintah daerah yang juga memiliki misi memajukan pendidikan dan pelatihan vokasi, Pemerintah Kabupaten Bandung pun turut berkomitmen dalam pengembangan kualitas pembelajaran di LKP.


Kepedulian dan perhatian Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung melalui dinas pendidikan kepada dunia pendidikan nonformal khususnya kursus memang tidak diragukan lagi. Selain pemberian penghargaan, terdapat juga pemberian program bantuan kepada LKP-LKP yang ada di kabupaten Bandung, baik program pelatihan maupun sarana prasarana. 


Dadang menjelaskan, “Berkat inisiasi LKP Mey, kami pun bekerja sama dengan Bank BPR untuk memberikan kuota pinjaman tanpa bunga dan agunan untuk berbagai LKP di Kabupaten Bandung dengan total Rp5 miliar.”


Bukti Kuatnya Kolaborasi Pemda dan LKP untuk Pendidikan Vokasi

Pemberian penghargaan tersebut tidak terlepas dari kuatnya kolaborasi Pemda dengan LKP. Sebagai inisiator TKDV, LKP Mey pun berupaya agar pendidikan vokasi, khususnya di LKP dapat menjadi pilihan terbaik masyrakat.


“Saat Tim LKP Mey turut mengajukan ide terkait pembentukan TKDV, Pemda pun menyambut baik kolaborasi tersebut. Pemda pun bergerak cepat untuk pembentukan TKDV Kabupaten Bandung,” tutur  Delis Lela Haryati selaku Pemimpin LKP Mey menceritakan latar belakang membentuk TKDV.


LKP yang bergerak di bidang tata rias pengantin tersebut pun sukses memfasilitasi kebutuhan pengembangan LKP di wilayah Kabupaten Bandung. Terdapat pertemuan rutin untuk menyinergikan solidaritas antara LKP, Dinas Pendidikan, dan pemerintah daerah yang sudah ditempuh oleh LKP Mey.


Hal tersebut pun tervalidasi oleh Kepala Bidang Pendidikan Nonformal (PNF) Disdik Kabupaten Bandung, Agus Deradjat. Menurut Agus, LKP Mey berdedikasi yang tinggi terhadap berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemda Kabupaten Bandung.


“Banyak kegiatan atau kolaborasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung yang dihasilkan oleh LKP Mey dan hasilnya sukses, salah satunya adalah pembentukan TKDV tersebut,” pungkas Agus (LKP Mey/ Zia/Cecep).