Bangun SDM Terampil di Perbatasan, Jokowi Resmikan Politeknik Ben Mboi

Belu, Ditjen Diksi - Presiden RI Joko Widodo meresmikan Politeknik Ben Mboi Universitas Pertahanan yang terletak di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) (24/3). Presiden menyampaikan, pendirian politeknik ini merupakan suatu upaya untuk melahirkan generasi muda yang kreatif dan terampil.

 

“Politeknik ini akan menjadi tempat belajar dan meningkatkan keterampilan di perbatasan Atambua dan Timor Leste, serta meningkatkan pendidikan nasional. Sehingga, kita memiliki anak muda yang terampil dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI),” ungkap Jokowi.

 

Presiden Jokowi menambahkan, bagi lulusan Politeknik Ben Mboi NTT yang kemudian menjadi wirausaha, tentunya dapat menjadi pemecah masalah dengan menciptakan lapangan pekerjaan yang baru.

 

Sementara itu Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menyampaikan laporan mengenai Politeknik Ben Mboi NTT yang telah memulai kegiatan belajar mengajar sejak 30 Agustus 2021 lalu.

 

“Kampus Politeknik Ben Mboi dibangun di lahan seluas 1,5 hektare dengan kadet mahasiswa sebanyak 175 mahasiswa yang terdiri atas 79 putra dan 96 putri,” ujarnya.

 

Prabowo menjelaskan, Politeknik Ben Mboi NTT terdiri atas berbagai program studi (prodi), yakni prodi budidaya pertanian lahan kering, prodi budidaya tanaman perkebunan, prodi budidaya ternak, prodi perikanan tangkap, prodi pengolahan hasil laut perikanan, prodi permesinan kapal, dan budidaya ikan.

 

Ke depan, Prabowo menyampaikan bahwa kapasitas Politeknik Ben Mboi NTT akan dapat menampung sebanyak 525 mahasiswa. Selain itu, meski terbilang baru, Politeknik Ben Mboi NTT telah menjalin kerja sama dengan 25 instansi dan DUDI di Indonesia. (Diksi/Tan/AP/NA)