Alumni LKP Ini Sukses Jadi Pebisnis

Alumni LKP Ini Sukses Jadi Pebisnis

Yogyakarta, Ditjen Diksi – Bukan hanya pendidikan formal, lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang dikenal sebagai pendidikan nonformal nyatannya mampu mencetak lulusan yang sukses.

 

Tengok saja sosok Ilham Wirajaya, alumni Jogja Culinary School, yang kini sukses dalam bisnisnya dengan mendirikan Ilham Wirajaya Corp. dan PT Wirajaya Kaya Perdana.

 

Perusahaan tersebut bergerak di bidang kuliner, konstruksi, jasa penyaluran tenaga kerja, pendidikan, laundry, dan kini merambah pada digital marketing. “Kalau sekarang sedang fokus pada pengembangan pendidikan digital untuk sekolah-sekolah dan kampus-kampus,” tutur Ilham.

 

Perusahaannya yang bergerak di bidang digital marketing tersebut kian berkembang, seiring dengan perkembangan zaman di era industri 4.0. Tercatat, sekitar 100 orang yang kini sudah bekerja di perusahaan miliknya yang tersebar di berbagai kantor cabang, seperti Madiun, Ponorogo, Lombok, dan Semarang.

 

Alhasil, cita-cita Ilham untuk dapat berkarier di Amerika mulai terbuka lebar setelah dirinya lulus dari lembaga kursus tersebut. Ilham juga pantang menyerah untuk mengikuti berbagai pelatihan dan sertifikasi, hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan kesempatan untuk bekerja di kapal pesiar Oceania Cruise Lines yang berbasis di Miami, Amerika Serikat.

 

"Ya sudah, saya tidak pikir panjang lagi. Begitu saya diterima, ya saya langsung berangkat," ujarnya.

 

Ilham mengaku, semangatnya yang tak pernah padam itu termotivasi dari tokoh-tokoh pebisnis hebat, seperti Chairul Tanjung, Jaya Setiabudi, dan Bob Sadino. "Saya memang banyak terinspirasi dari tokoh-tokoh, baik dari dalam maupun luar negeri,” tegasnya.

Adapun beberapa tokoh dunia yang menjadi inspirasi seorang Ilham, di antaranya Elon Musk, Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan  Waren Buffet. (Diksi/Tan/AP/NA)