7 Cara Mudah Membuat Stroberi Miles Crepes ala Peserta Program PKW LKP Ariyanti

7 Cara Mudah Membuat Stroberi Miles Crepes ala Peserta Program PKW LKP Ariyanti

Bandung, Ditjen Vokasi - Sebagai penggemar makanan manis, kamu wajib untuk mencoba membuat stroberi miles crepes. Jenis kue ini sedang tren saat ini. Bukan hanya karena menggugah selera, tetapi cara membuatnya pun sangat mudah. Bahkan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.


Karina sebagai peserta program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) 2023 membagikan resep membuat stroberi miles crepes. Ilmu tersebut ia dapatkan ketika program tersebut berlangsung di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Ariyanti, Bandung, Jawa Barat.


Penasaran seperti apa resepnya? Persiapkan diri kamu untuk menjalani petualangan rasa yang menggiurkan ini, ya!


  1. Persiapkan bahan 

Tidak seperti membuat kue lain yang membutuhkan banyak bahan. Membuat stroberi miles crepes sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan seperti stroberi, whipped cream, terigu 200 gr, gula 100 gr, susu full cream 450 ml, mentega 100 gr, telur ayam, dan air mineral.


  1. Mulailah membuat adonan lembar miles crepes

Berbeda dengan kue bolu, miles crepes tersusun dari berlembar-lembar adonan. Maka dari itu, kamu perlu membuat lembar miles crepes-nya terlebih dahulu. 


Masukkan dua butir telur, 200 ml susu cair, dan gula 100 gr ke dalam wadah lalu aduk merata. Setelah mulai merata, masukkan terigu 200 gr ke dalam adonan secara perlahan. Kemudian, teteskan 3—4 pewarna makanan berwarna merah lalu aduk kembali, ya. Tuangkan juga margarin yang sudah dicairkan ke dalam adonan. Agar adonan semakin lembut, tambahkan kembali  200 ml susu full cream dan aduk kembali sampai merata.


  1. Buatlah lembar crepes

Setelah adonan siap, panaskan pan/wajan dan ambil 1 sendok sayur adonan lalu tuang ke dalam pan. Ratakan adonan sampai berbentuk lingkaran. Setelah berwarna kuning keemasan, angkat adonan lalu sisihkan ke piring. Lakukan berulang sampai adonan miles crepes-nya habis, kurang lebih sampai dengan 14 lembar crepes


  1. Buatlah selai stroberi

Miles crepes tak akan lengkap jika tanpa ada buah stroberi. Kamu bisa membuatnya sendiri, lo. Caranya potong halus 10 stroberi dan panaskan ke dalam pan lalu panaskan. Aduk hingga merata sampai stroberi berubah menjadi selai.


  1. Aduklah whipped cream

Selanjutnya, dalam mangkuk terpisah, kocok bubuk whipped cream dan tambahkan air es 200 ml hingga mengembang dan lembut. Kocok menggunakan mixer kurang lebih 4—5 menit. 


  1. Susunlah lembar milles crepes dan krim

Inilah saatnya untuk menyusun satu persatu lembar miles crepes yang sudah dibuat. Letakkan satu lembar crepes di atas piring saji. Oleskan selai stroberi secara merata di atas crepes. Taburkan beberapa potongan stroberi di atas krim. Letakkan lembar crepes berikutnya di atasnya dan ulangi langkah 2 dan 3 kali sampai semua crepes dan krim habis. Pastikan kamu menyelesaikan dengan lapisan krim di atasnya.


  1. Dinginkan dan hidangkan

Setelah kamu menyusun miles crepes, dinginkan di lemari es selama minimal 2 jam agar lapisan-lapisannya menyatu dengan baik. Sajikan dalam potongan-potongan yang cantik dan hiasi dengan potongan stroberi segar di atasnya.


Kamu juga bisa lo mengkreasikan rasa miles crepes. Selain itu, miles crepes ini dapat menjadi peluang bisnis di bidang kuliner yang cukup menjanjikan, apalagi bagi kamu yang ingin tambah penghasilan dengan menjual makanan. Jadi tunggu apalagi? Selamat mencoba ya Sobat Vokasi! (Zia/Cecep)