82 Proposal Lolos Tahap I P2MD

Jakarta, Ditjen Diksi – Program untuk menyejahterakan masyarakat desa yang diselenggarakan oleh Kemdikbud-Ristek melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi kini sudah mencapai seleksi peserta tahap I. Sebanyak 82 proposal dari 36 perguruan tinggi vokasi dinyatakan lolos seleksi tahap I pada Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD).

P2MD merupakan sebuah program yang kegiatannya dilakukan guna memberdayakan masyarakat yang dapat dilakukan oleh kelompok mahasiswa melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM), himaprodi, atau badan eksekutif mahasiswa (BEM).

Didin Wahidin selaku Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbud-Ristek menyatakan harapannya agar pelaksana P2MD ini mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa, agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. “Utamanya kita ingin berusaha menanamkan kepada mahasiswa upaya untuk mengembangkan masyarakat melalui pendidikan, riset, sekaligus pengabdian masyarakat,” tuturnya.

Demografi sebaran masyarakat Indonesia yang 70 persennya masih menetap di pedesaan membuat pemerintah bersinergi dengan kelompok akademik untuk bersama-sama membangun desa menjadi lebih berdaya dan sejahtera. Karenanya, P2MD ini juga diselenggarakan sebagai wujud dari upaya pemerintah untuk menyiapkan SDM unggul yang inovatif, produktif, dan kompetitif melalui kerja nyata pemecahan masalah di desa.

“Penguatan soft skills dan hard skills ini menjadi bekal mahasiswa untuk mampu bersaing di dunia kerja. Bukan hanya bersaing dengan sesama anak bangsa, tapi bersaing dari anak bangsa lain dari belahan dunia lain,” lanjut Didin.

Dengan begitu, mahasiswa vokasi dapat menjadi salah satu solusi bagi pengembangan masyarakat desa yang lebih berdaya. Melaui kompetensi sesuai dengan bidang keahliannya, mahasiswa vokasi dalam P2MD akan membuat program yang akan diimplementasi untuk mencapai keberhasilannya.

Adapun daftar 82 proposal yang lolos tahap I pada P2MD dapat diunduh melalui: http://kemahasiswaanptvp.kemdikbud.go.id/p2md/detail-pengumuman/2. (Diksi/Tan/AP/Teguh Susanto)