Peringatan Hari Lahir Pancasila

Pendidikan Vokasi, Jakarta.  Pemerintah Republik Indonesia memperingati upacara hari lahir Pancasila secara Virtual. Upacara dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) diikuti oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Susatyo  dan sejumlah pejabat lainnya. Tema peringatan hari lahir Pancasila tahun ini adalah “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”. Senin (01/06).

Dalam sambutannya Jokowi mengingatkan tentang tantangan dan kesulitan negara kita dalam menghadapi Covid-19 ini.  Kita harus bersyukur, Pancasila menjadi bintang penjuru untuk menggerakan kita semua, menggerakan persatuan kita dalam menghadapi semua tantangan, dan kepedulian kita untuk  saling berbagi, serta memperkokoh persaudaraan untuk menumbuhkan daya juang kita dalam setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi.

Nilai-nilai luhur dalam Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dalam kehidupan kita.  Pancasila harus selalu kita jadikan nilai yang hidup dan bekerja dalam kehidupan kita.  Nilai yang hidup dan bergelora dalam semangat bangsa Indonesia, tambahnya.

Selain itu, Jokowi mengajak seluruh penyelenggara negara baik di pusat maupun di daerah agar terus melayani masyarakat yang kesulitan tanpa membedakan ras, dan agama.  Sebagai bangsa besar, kita harus optimis dan yakin bisa melewati kesulitan akibat virus Corona.  Bangsa Indonesia harus bisa menjadikan kekurangan dan kelemahan sebagai lompatan untuk terus bergerak maju.

Presiden Jokowi menghimbau seluruh elemen bangsa untuk terus memperkokoh persatuan dan persaudaraan, hal tersebut dapat direalisasikan dengan saling membantu dan bergotong royong, serta selalu optimis, bangsa kita adalah bangsa pemenang. (Misi/ARJ/AS)