Maksimalkan PBL, Ditjen Pendidikan Vokasi Gelar Workshop PBL

Maksimalkan PBL, Ditjen Pendidikan Vokasi Gelar Workshop PBL

Makassar, Ditjen Vokasi - Pembelajaran berbasis proyek atau project based learning (PBL) menjadi salah satu upaya transformasi pendidikan vokasi di Indonesia. PBL yang  dibangun di atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata ini diharapkan akan membekali mahasiswa dengan soft skills dan hard skills mumpuni yang membuat lulusannya akan  semakin relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. 


Dalam rangka mengoptimalkan pengembangan model pembelajaran PBL di perguruan tinggi vokasi, Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menyelenggarakan Workshop Model Pembelajaran PBL. Workshop diadakan di Kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Makassar mulai tanggal 7 hingga 9 Juni 2023 dan dihadiri oleh berbagai perguruan tinggi vokasi se-Indonesia Timur . 


Subkoordinator Pembelajaran dan Penjaminan Mutu, Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Yuni Syam, menyampaikan bahwa perkembangan dan tujuan dari Workshop Model Pembelajaran PBL memiliki peran yang sangat penting dengan melihat potensi yang ada di perguruan tinggi vokasi masing-masing daerah. 


Dalam sambutannya saat membuka acara, Direktur PNUP, Ilyas Mansur, berharap, workshop ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan model pembelajaran PBL di perguruan tinggi vokasi.  


“Saya sangat mengapresiasi kehadiran para narasumber dan peserta yang telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara ini,” kata Direktur Ilyas Mansur.


Workshop Model Pembelajaran PBL ini menghadirkan beberapa pemateri terkemuka di bidangnya, antara lain Nunung Martina (Politeknik Negeri Jakarta), Pipit Anggraeni (Politeknik Negeri Bandung),  Ahmad Riyad Firdaus (Politeknik Negeri Batam), Surateno (Politeknik Negeri Jember), dan Darma Firmansyah Undayat (Politeknik Manufaktur Bandung). 


Masing-masing pemateri berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka tentang penerapan model pembelajaran PBL dalam konteks vokasi. Workshop ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk belajar dari para ahli dan memperluas wawasan mereka dalam hal ini. 


Semoga Workshop Model Pembelajaran PBL ini dapat memberikan manfaat yang besar dan menjadikan peserta mampu menerapkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dalam dunia vokasi. (PNUP/Nan/Cecep)