Inovasi Mesin Pengolah Kopi Berstandar Industri, SMK Ma’arif Kota Mungkid Siap Melangkah ke Produksi Massal

Inovasi Mesin Pengolah Kopi Berstandar Industri, SMK Ma’arif Kota Mungkid Siap Melangkah ke Produksi Massal

Magelang, Ditjen Vokasi – SMK Ma’arif Kota Mungkid, Magelang, Jawa Tengah terus membuktikan diri sebagai salah satu satuan pendidikan vokasi yang tidak hanya unggul dalam bidang akademis, tetapi juga unggul dalam inovasi teknologi. 


Salah satu terobosan terbaru yang diunggulkan oleh SMK Ma’arif Kota Mungkid adalah mesin pengolahan kopi berstandar industri. Mesin ini dirancang oleh siswa Konsentrasi Keahlian Teknik Mesin, SMK Ma’arif Kota Mungkid bersama industri mitra yakni PT Padmanunggal untuk memenuhi kebutuhan industri kopi. 


Hadirnya mesin ini bertujuan untuk mendukung perkembangkan industri kopi di Indonesia sekaligus mendukung kegiatan teaching factory yang bermanfaat untuk mengasah kompetensi siswa dalam bidang bidang produksi teknologi terkini.


Sebagaimana diketahui, kopi merupakan salah satu komoditas unggulan yang memiliki pasar besar, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Peluang besar tersebut tentunya perlu dimanfaatkan dengan optimal agar menghasilkan keluaran yang maksimal. Mesin pengolah kopi berstandar industri merupakan salah satu unsur penting yang dapat mendukung perkembangan industri kopi, terlebih wilayah Magelang dan sekitarnya merupakan daerah penghasil kopi yang memiliki ciri khas rasa tersendiri. 


Melihat peluang ini, SMK Ma’arif Kota Mungkid, melalui kegiatan Tefa berinisiatif untuk mengembangkan mesin pengolah kopi, seperti mesin roasting dan mesin grinder berstandar industri. Mesin-mesin ini dirancang dengan memanfaatkan teknologi terbaru yang dapat memudahkan para pelaku yang berkecimpung di industri kopi. 


Kepala SMK Ma’arif Kota Mungkid, Ngungun Bayu Santoso, menyampaikan bahwa pengembangan mesin pengolah kopi ini melibatkan kolaborasi antara siswa, guru, dan pihak industri. Melalui projek ini, para siswa mempelajari berbagai aspek, mulai dari desain mesin, mekanisme pengolahan kopi, proses perakitan mesin hingga uji coba mesin. 



Melalui kolaborasi yang matang ini, SMK Ma’arif Kota Mungkid berhasil merancang mesin yang mampu mengolah biji kopi dengan efisiensi tinggi. Salah satu mesin pengolah kopi yang menjadi unggulan SMK Ma’arif Kota Mungkid adalah mesin roasting kopi.


“Mesin roasting yang kita punya ini dirancang dengan teknologi terbaru. Dengan mesin ini, kita bisa menghasilkan biji kopi dengan tiga rasa,” ucap Bayu.


Sementara itu, pemilik PT Padmanunggal Reka Abadi, Benediktus Indrawan Samuels, menuturkan bahwa kolaborasi antara industri dan SMK Ma’arif Kota Mungkid ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi yang ada di SMK dalam menghasilkan produk berkualitas industri. Dengan kolaborasi ini, sekolah dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang lebih matang sekaligus mengajarkan siswa untuk lebih produktif. 


“Industri dan SMK itu memang harus berkolaborasi. Industri punya kesempatan untuk berinvestasi di bidang pendidikan sehingga kita juga punya kontribusi dalam menyiapkan SDM yang berkompeten. SDM tersebut juga nantinya akan membantu industri dalam mengembangkan industri kembali,” ucap Indrawan.

Setelah melalui tahap uji coba dan penyempurnaan, produk roasting kopi ini telah berhasil mendapatkan HAKI dan SMK Ma’arif Kota Mungkid pun siap untuk melangkah ke tahap produksi masal. Dengan kesiapan SMK Ma’arif Kota Mungkid untuk memproduksi secara masal, diharapkan mesin ini dapat menjadi solusi bagi pelaku usaha kopi di Indonesia, terutama di kalangan UMKM, untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produksi mereka. Lebih dari itu, proyek ini juga menjadi bukti nyata bahwa pendidikan vokasi di Indonesia memiliki potensi besar untuk menghasilkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Sebagai informasi, mesin pengolahan kopi produksi SMK Ma'arif Kota Mungkid dapat dipesan melalui https://e-katalog.lkpp.go.id/katalog/produk/detail/75954826?type=general. (Aya/Cecep)